You Are Here: Home > Blog > Blog Detail

Blog

Article of Karisma Academy Blogpage

Cara Instan Membuat Efek HDR di Photoshop

HDR memberi pengaruh yang luar biasa pada dunia fotografi dan manipulasi foto beberapa tahun belakangan ini. HDR merupakan singkatan dari Hight Dynamic Range, merupakan gambar yang dihasilkan dari gabungan foto dengan tingkat exposure yang berbeda (dari nilai exposure cahaya paling tinggi hingga paling rendah). Hasilnya adalah sebuah foto dengan tingkat pencahayaan dan warna dengan kontras yang sangat tinggi. Beberapa kamera digital memiliki mode untuk menciptakan gambar HDR dari hasil tangkapan kamera tersebut.

Dilain sisi, Photoshop juga dapat kita gunakan untuk membuat efek yang mirip tanpa perlu memiliki perangkat kamera digital yang mahal. Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara instan membuat efek HDR tersebut.

stok gambar yang digunakan dalam artikel ini bisa di ambil disini

Langkah 1

Buka file gambar yang ingin diberi efek HDR. Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan gambar yang berukuran cukup besar dan memiliki pencahayaan yang kontras. Pertama-tama, gandakan layer background (tekan [Ctrl] [J]) lalu klik menu Filter> Other> High Pass. Dalam kotak dialog filter High Pass, atur nilainya sekitar 3.8 hingga 4.2.

step1

Langkah 2

Ubah blend mode layer tersebut menjadi Vivid Light, kemudian klik menu Layer> Flattern Image untuk menyatukannya dengan layer background. Gandakan layer background dan gunakan kembali Filter High Pass, namun kali ini gunakan nilai sekitar 6.8 hingga 7.2.

step2

Setelah itu, ubah blend mode layer menjadi Color dan kurangi Opacity nya antar 39-43%. Satukan kedua layer tersebut melalui perintah Layer> Flatten Image.

step3

Langkah 3

Gandakan layer sekali lagi, lalu beri efek Filter> Blur> Gaussian Blur dengan nilai radius antara 9.4 hingga 9.6 px. Berikutnya terapkan Filter> Noise> Add Noise lalu atur nilai amount pada kisaran 3 hingga 5%. Tambahkan layer mask melalui menu Layer> Layer Mask> Hide All.

step4

Langkah 4

Atur warna putih sebagai foreground color dan warna hitam sebagai background color. Kemudian gunakan soft Brush tool dengan Opacity 30% pada seluruh area gambar dalam layer mask, kecuali area gambar mobil (atau gambar lain yg ingin ditingkatkan detail tekstur nya).

step5

Langkah 5

Setelah selesai, gunakan kembali perintah Flatten Image untuk menyatukan layer. Berikutnya klik menu Filer> Sharpen> Unsharp Mask dan ikuti contoh setting pada gambar dibawah ini. Tergantung pada seberapa banyak detail yang ingin diperjelas, atur nilai Radius sesuai keinginan Anda.

step6

Langkah 6

Terakhir, gunakan menu Image> Adjustments> Curves untuk menyesuaikan kembali tingkat detail dan highlights pada gambar. Bereksperimenah dengan perintah curves hingga mendapatkan hasil yang sesuai keinginan Anda.

step7

Supaya lebih jelas, pada gambar dibawah ini Anda bisa melihat perbedaan gambar sebelum dan sesudah penerapan efek HDR instan ini.

step8

Comments

comments

Tentang Penulis

Mr. Karisma

Karisma Academy merupakan perusahaan profesional dibidang pelatihan software dan developer teknologi pembelajaran berbasis e-learning yang berada di kota Malang, Jawa Timur.