You Are Here: Home > Blog > Blog Detail

Blog

Article of Karisma Academy Blogpage

Tips Kombinasi Palet Warna

Seringkali sebuah desain terasa “datar” bila tidak berwarna. Memakinkan peranan penting, warna merupakan identitas sebuah desain untuk diterjemahkan bagi yang melihatnya. Namun ketika desain yang kita buat memiliki banyak elemen seperti teks, garis dan gambar, maka sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih kombinasi warna. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih kombinasi palet warna.

1. Kombinasi Palet Warna Monokrom

step1-monokrom

Palet warna ini merupakan skema warna tradisonal, dimana kita menggunakan warna yang senada namun perbedaan nilai tones, shades serta tints tidak terlalu jauh.

2. Kombinasi Palet Warna Putih + Warna

step-2-pastel

Kontras adalah sarat utama sebuah desain, jadi jangan ragu untuk menggunakan kombinasi warna-warna kontras yang cukup terang dan berbeda. Kombinasi yang paling aman dan paling umum digunakan adalah warna putih dengan salah satu atau dua warna lain yang cukup kontras.

3. Kombinasi Warna Pastel

step-3-komplementer

Warna pastel memberikan kesan lembut dan kalem pada desain yang Anda buat.Warna-warna yang menyejukkan ini memiliki efek netral sekaligus elegan pada orang yang melihatnya.

4. Kombinasi Warna Berlawanan

step-4-kombinasi

Merupakan salah satu kombinasi warna tradisional, dimana palet warna yang digunakan merupakan hasil perpaduan warna yang saling bertolak belakang (bila dilihat dari roda warna). Supaya lebih menarik, seringkali warna diberi tingkat kepekatan yang berbeda.

Beberapa contoh palet warna ini hanyalah contoh sederhana dari sekian banyak pilihan kombinasi warna yang tersedia dalam dunia desain. Ingatlah selalu untuk memilih warna dengan hat-hati, sesuai dengan kehendak yang diinginkan oleh klien.

Comments

comments

Tentang Penulis

jayan saputra

Keeping a finger on trends or helping people in 140 characters, Matt is a part of the team actively working on our blog social and community forums.