You Are Here: Home > Blog > Blog Detail

Blog

Article of Karisma Academy Blogpage

5 Tips dan Trik Photoshop yang Jarang Diketahui Orang

Sebagai aplikasi pengolah gambar yang paling populer, Photoshop memiliki banyak sekali fitur-fitur menarik yang bisa mempermudah pekerjaan para penggunanya. Beberapa tips dan trik Photoshop dibawah ini  merupakan cara yang jarang digunakan dan dapat membatu pekerjaan diphotoshop menjadi lebih mudah dan lebih efisien.

1. Auto Select
Auto-Select adalah fitur di Photoshop yang apabila diaktifkan, maka semua objek yang kamu klik akan otomatis terseleksi pada layer palette. Fitur ini juga dilengkapi oleh fitur Show-Transform Controls (ctrl + t) yang akan menandai objek terpilih dengan bentuk transform standar yang bisa digunakan untuk memperbesar/kecil, merotasi, atau memudahkan untuk menggeser objek . Kedua fitur tersebut dapat ditemukan pada control bar (dibagian atas) jika Selection tool (V) diaktifkan.

tips dan trik adobe photoshop, belajar photoshop, fitur photoshop

2. Mengaktifkan Seleksi dari Layer

Untuk mengaktifkan seleksi dari layer tertentu, caranya Cukup tekan dan tahan Ctrl di keyboard kemudian klik pada thumbnail dari layer yang ingin diaktifkan seleksinya.

tips dan trik adobe photoshop, belajar photoshop, fitur photoshop

3. Menyimpan Styles

Terkadang saat kita telah selesai membuat sekumpulan styles pada layer styles kita ingin menyimpan styles tersebut untuk dipakai pada layer-layer lain di dokumen yang berbeda. Untuk menyimpan styles caranya double-click pada layer yang stylenya ingin disimpan, pada jendela pengaturan layer styles klik New Styles, kemudian berikan nama untuk styles baru tersebut. Maka otomatis akan tersimpan dan dapat digunakan pada layer-layer yang lain. Untuk mengaktifkan atau menggunakan styles yang tersimpan, buka Window > Styles dan klik pada styles yang diinginkan.

tips dan trik adobe photoshop, belajar photoshop, fitur photoshop

4. Effect Copy
Layer styles juga dapat diduplikasi / dicopy dengan mudah ke layer lainnya. Cara yang bisa digunakan dengan klik kanan pada layer yang style-nya ingin dicopy, lalu pilih Copy Layer Styles. Kemudian klik kanan pada layer dimana styles tersebut ingin diterapkan lalu pilih Paste Layer Styles.

Cara lain bisa juga dengan tekan dan tahan tombol Alt, kemudian drag effect dari satu layer ke layer lain. Cara ini lebih cepat jika kita ingin mengcopy style hanya ke satu layer. Tapi jika ingin mengcopy styles ke banyak layer, gunakan cara yang pertama.

tips dan trik adobe photoshop, belajar photoshop, fitur photoshop

5. Merubah Seleksi Path menjadi Shape

Adakalanya kita ingin menjadikan seleksi menjadi sebuah shape sehingga dapat mudah diedit, diperbesar, dsb.

Untuk melakukannya, pertama load seleksi dari salah satu layer (seperti tips no.2) untuk dijadikan shape. Selagi seleksi aktif, buka tab path disebelah tab layer disebelah kanan, kemudian klik icon (make work path from selcetion) dibagian bawah, maka akan muncul path baru bernama Work Path. Klik path tersebut lalu pada menu bar diatas klik (Edit > Define Costum Shape), akan muncul jendela baru untuk memberi nama custom shape yang akan kita buat, berikan nama lalu klik ok.

tips dan trik adobe photoshop, belajar photoshop, fitur photoshop

Comments

comments

Tentang Penulis

Mr. Karisma

Karisma Academy merupakan perusahaan profesional dibidang pelatihan software dan developer teknologi pembelajaran berbasis e-learning yang berada di kota Malang, Jawa Timur.