You Are Here: Home > Blog > Blog Detail

Blog

Article of Karisma Academy Blogpage

15 Keuntungan Menjadi Desainer Grafis

15 keuntungan menjadi desainer grafis

Menjadi Desainer Grafis

Tahukah anda jika desain grafis adalah salah satu bidang yang semakin populer. Setelah komputer menjadi media kreatifitas dimana kuas dan pensil bisa dibuat dengan visual digital, orang awam tanpa bakat bawaan kini bisa belajar menjadi seniman melalui desain grafis.
Bukan hanya para profesional yang mencari penghasilan dengan hasil karyanya, tapi banyak desainer baru yang tidak kalah hebatnya dan mampu menghasilkan pemasukan besar dari bidang ini.
Berikut ini adalah manfaat menguntungkan menjadi desainer graifis.

1. Bekerja di Rumah Sendiri atau dimanapun

1

Bekerja diruangan kantor terkadang membuat seorang kehilangan kreatifitas, dengan menjadi desainer grafis anda tidak perlu selalu terpaku dengan hal tersebut. Banyak desainer grafis yang mengerjakan project perusahaan diluar kantor. Ada pula yang memiliki sumber penghasilan lain, seperti mendapat tawaran project dari orang lain yang bisa dikerjakan dirumah atau public area seperti internet cafe dll.

2. Menjalankan studio sendiri

2

Jika anda memiliki modal dan tempat yang sesuai untuk usaha anda, anda bisa memulai menjalankan studio sendiri. Dengan adanya studio sendiri akan membuat usaha anda lebih professional sehingga memudahkan anda untuk membangun hubungan dengan jaringan yang luas.

3. Bermodalkan Software Desain dan Kreatifitas

3

Jika anda telah memiliki komputer dan software desain maka anda telah siap untuk membuat suatu project. Sembari mengasah keterampilan anda dapat mengerjakan pekerjaan lepas atau mempromosikan diri terlebih dahulu ke situs social atau grup facebook. Selanjutnya anda dapat mempromosikan diri keperusahaan atau mengikuti freelancer.

4. Mengikuti Freelancer
4

Banyak desainer grafis yang sukses dengan mengikuti freelancer online.

Bagaimana cara kerjanya ?

Situs freelancer Online adalah situs yang menerima job dari suatu corporate perusahaan atau perseorangan untuk membuatkan sebuah project, selanjutnya situs tersebut mengadakan kontes kepada peserta freelancer untuk membuat desain / project sesuai dengan permintaan yang diinginkan si perusahaan tadi. Perusahaan akan memilih desain yang paling sesuai dari salah satu freelancer yang beruntung dan memberikan reward yang sudah disepakati sebelumnya.

Peluang desain grafis dalam freelancer meliputi desain logo, pakaian, website, iklan, kemasan dan lain-lain.

Kebanyakan dari peserta frelancer yang sering memenangkan suatu project, mereka tidak tanggung-tanggung mengikuti beberapa project dalam 3 hari sekali bahkan ada yang sehari sekali untuk meningkatkan potensi penghasilan dan keberuntungan mereka.

Berdasarkan reward yang diberikan di 99design.com, rata-rata reward terkecil untuk desain logo adalah $190 dolar. Sangat Lumayan jika misalnya dalam seminggu kita bisa menyelesaikan 7 desain logo dan memenangkan salah satunya saja.

Selain itu yang menjadi pertimbangan adalah desain logo tidak memerlukan waktu yang lama. Desain dengan motif yang sulit tidak menjamin dia bisa menang, terkadang motif yang sangat simple dan biasa bisa menjadi pemenenang, tergantung keinginan dari perusahaan.

Situs freelancer di Indonesia sendiri ada sribu.com, sribulancer, project.co.id, freelancer.co.id kalau di luar ada 99design.com, elance.com, upwork.com, freelancer.com, dan banyak lagi.
Situs frelancer yang paling sering digunakan dan memberi jaminan pembayaran salah satunya adalah 99design.com.

Jika anda orang yang suka berbagi desain , anda bisa rutin menguploadnya ke situs komunitas seperti kreavi.com ataupun grup facebook, dari situ anda akan mendapatkan pengikut yang mungkin kelak membutuhkan kemampuan anda.

5. Dibutuhkan di Banyak Jenis Perusahaan

5

Beberapa keahlian memiliki basis klien yang terbatas, namun berbeda dengan desainer grafis. Hampir setiap perusahaan membutuhkan desainer grafis. Ketika sebuah bisnis ingin melakukan branding terhadap produknya dia membutuhkan desainer grafis. Strategi pemasaran tidak hanya dengan tulisan dan promosi bahasa, namun mebutuhkan juga sales kit berupa visual gambar seperti media gambar yang digunakan untuk iklan. Selama bisnis terus bermunculan maka peran desainer grafis akan selalu dibutuhkan.

6. Mendapat Pelanggan Berharga

6

Klien yang sudah cocok dengan hasil project anda kemungkinan akan menjadi pelanggan tetap anda. Dengan bertumbuhnya perusaahan mereka, perusahaan akan selalu menggandeng desainer grafis. Inilah yang menjadi pemasukan berharga atas kemampuan anda.

Namun perlu dipertimbangkan bahwa hasil juga menentukan kualitas. Tidak masalah jika anda harus melepas permintaan klien yang memberi harga murah namun menginginkan hasil yang sempurna. Jika anda mampu membuat hasil desain yang sempurna, benar-benar sesuai dengan permintaan klien, maka jangan ragu untuk menawarkan harga yang sesuai.

7. Penghasilan Stabil

7

Dengan banyaknya peluang memungkinkan seorang desainer grafis akan selalu memiliki pekerjaan. Saat orang-orang melihat hasil terbaik anda, mereka akan memberikan apresiasi lebih, bahkan jika anda berhasil mewakili keinginan mereka, perusahaan akan merefrensikan anda kedalam jaringan yang lebih besar. Sekalipun yang anda kerjakan adalah pekerjaan sederhana anda tetap akan mendapatkan apresiasi dan bayaran.

8. Bekerja di Perusahaan Bergengsi
8

Inilah salah satu hal menarik menjadi desainer grafis,anda bisa meng-apply portofolio anda keperusahaan bergengsi. Dengan melihat portofolio, perusahaan akan senang dengan banyaknya pekerjaan besar yang telah anda kerjakan.

9. Marketing yang Mudah

9

Ada banyak cara melakukan marketing. Salah satunya melalui online. Banyak dari desainer berpengalaman bergabung dengan komunitas online, baik dari facebook ataupun situs komunitas tertentu, dari situ mereka bisa belajar dan melakukan marketing dari project yang telah mereka buat.

10. Mengekspresikan Kreatifitas

10

Banyak kita temui gambar imajinasi yang hanya menggunakan tehnik blending atau hanya sekedar tehnik saturasi, namun gambar tersebut menarik dan indah untuk dicermati. Keahlian desainer grafis dapat membantu seseorang mengexpresikan suatu perasaan.

11. Memungkinkan Terus Melatih Kemampuan

11

Berlatih membuat kemampuan semakin baik. Anda akan menemukan banyak hal baru saat bekerja, maka secara tidak langsung anda mendapat hal baru dari sesuatu yang anda kerjakan.

12. Mengembangkan keterampilan sosial

12

Ketika bekerja sama dengan suatu perusahaan anda dituntut untuk mengembangkan keterampilan sosial, sehingga anda tidak akan sulit bergaul dengan rekan kerja atau klien.

13. Pembayaran diluar jam kerja

13

Terkadang seorang desainer memerlukan waktu lebih untuk menyelesaikan tugasnya. Anda akan dibayar dengan dari setiap jam yang anda habiskan. Anda telah bekerja keras dan anda akan mendapatkan bayaran atas itu

14. Memungkinkan anda bertemu sesama desainer

14

Desain anda akan dilihat banyak orang, maka anda juga akan bertemu dengan sesama desainer. Anda dapat belajar dan bertukar pikiran dengan mereka. Anda bisa melakukan brainstorming dengan mereka mengenai beberapa proyek yang anda kerjakan, ini akan sangat membantu karir anda.

15. Mendapatkan Liburan

15

Baik terikat dengan perusahaan ataupun menjalankan bisnis sendiri, seorang desainer grafis akan lebih sering mendapatkan hari libur. Mengerjakan desain memang membutuhkan waktu, namun tidak mempengaruhi tingkat stress berlebihan. Hal tersebut menjadikan anda lebih mudah menentukan waktu libur tanpa harus memikirkan pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran berlebihan.

sumber : naldzgraphicsucreative

Comments

comments

Tentang Penulis

Mr. Karisma

Karisma Academy merupakan perusahaan profesional dibidang pelatihan software dan developer teknologi pembelajaran berbasis e-learning yang berada di kota Malang, Jawa Timur.