You Are Here: Home > Blog > Blog Detail

Blog

Article of Karisma Academy Blogpage

Membuat 3d Pie Chart dengan Illustrator

Adobe Illustrator memiliki fitur untuk membuat beragam bentuk grafik statistik, salah satunya adalah bentuk pie chart. Supaya lebih menarik, Anda bisa menambahkan efek 3d pada grafik pie chart tersebut. Ingin tau caranya? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buat sebuah dokumen baru dari Illustrator. Aktifkan Pie Graph tool, lalu buat seleksi menggunakan tool tersebut dengan cara klik dan drag.

step1

2. Pada kotak dialog input Data yang tampil, isi baris dan kolom dengan data yang diperlukan. Pada contoh ini datanya adalah statistik persentase penjualan smartphone tahun 2013. Klik tombol bertanda centang untuk menyudahi proses input data. Hasilnya adalah grafis pie chart 2d sederhana.

step2

3. Non aktifkan seleksi pie chart melalui menu Select> Deselect. Selanjutnya aktifkan Group Selection tool dari toolbar.

step3

4. Dengan menggunakan Group Selection tool, klik 1x pada salah satu bagian pie chart untuk menyeleksinya. Selanjutnya klik sekali lagi pada pie chart yang sama untuk menyeleksi legends terkait.

step4

5. Dengan pie chart dan legend terseleksi bersama, Anda bisa memberi warna fill pada keduanya sekaligus. Hal ini untuk memastikan kesamaan warna antara pie chart dan legend. Selesai mewarnai, klik menu Select> Deselect. Kemudian ulangi kembali langkah 4 s/d 5 hingga semua pie chart dan legend diwarnai. Anda bisa memberi warna senada untuk semua pie chart, atau menggunakan warna fill yang berbeda untuk tiap pie chart.

step5

6. Sebelum mengubah pie chart ini menjadi objek 3d, hilangkan warna stroke terlebih dahulu. Dengan begini, objek 3d nanti akan menampilkan warna fill dan bukan warna stroke.

step6

7. Aktifkan Direct Selection tool, seleksi seluruh legend (kotak warna dan teks) lalu tekan [Ctrl] [C] untuk menyalinnya. Buat sebuah layer baru dari panel Layers, lalu tekan [Ctrl] [V] untuk menyalin legend ke dalam layer 2. Berikutnya sembunyikan layer 2. Langkah ini kita lakukan supaya legend tidak menghilang ketika objek pie chart diubah menjadi objek 3d.

step7

8. Klik kanan Pie Chart, pilih Data… dari menu yang tampil. Tujuannya adalah untuk menampilkan kembali kotak input data.

step8

9. Dari kotak dialog input data, hapus semua teks pada baris pertama.Selanjutnya, pindahkan angka-angka pada baris 2 menuju ke baris pertama.

step9

10. Klik tombol Apply untuk menyudahi proses editing data.

step10

11. Dengan pie chart terseleksi, klik menu Effect> 3D> Extrude & Bevel. Drag kotak 3d dalam dialog Extrude & Bevel untuk mengubah perspektif 3d pie chart.

step11

12. Klik OK untuk konfirmasi perintah 3D Extrude & Bevel. Terakhir, tampilkan kembali layer 2 dan atur posisinya supaya berada di samping 3d pie chart.

step12

Comments

comments

Tentang Penulis

Mr. Karisma

Karisma Academy merupakan perusahaan profesional dibidang pelatihan software dan developer teknologi pembelajaran berbasis e-learning yang berada di kota Malang, Jawa Timur.